Rahasia sukses gitaris solo

Published on by nanas

Dalam dunia gitar bisa dibilang gitaris solo selalu menari perhatian. Banyak pemain gitar seperti Jimi Hendrix atau Van Halen punya kemampuan menakjubkan saat bermain solo terutama ketika memainkan nada-nada pentatonis. Luar biasanya, meskipun apik secara solo namun keduanya juga terbukti bagus saat bermain dalam band, tetap bisa mengekspresikan diri meskipun ada banyak anggota yang ingin tampil menonjol.

Ya, gitaris yang baik memang idealnya bisa bermain solo maupun berkelompok, serta punya karakter yang tetap, artinya tidak meniru permainan sipapaun. Tidak banyak yang mampu melakukan ini bahkan mayoritas gagal karena permainannya yang terlalu membosankan, padahal mereka sudah beli gitar terbaik, gitar-gitar yang juga digunakan oleh para gitaris dunia.
Kegagalan mereka mungkin bukan karena soal teknik, tapi karena mereka belum paham rahasia sesungguhnya menjadi gitaris. Setidaknya ada beberapa hal yang mesti kamu ikuti jika ingin menjadi gitaris yang berhasil:

a.       Akrab dengan gitaris masa ini

Langkah pertama untuk menjadi gitaris populer adalah akrab dengan gitaris-gitaris besar masa kini, menghabiskan waktu berkualitas untuk mencari tahu apa saja yang membuat mereka sampai sebesar itu. Selalu ada seniman jenius dalam setiap penciptaan irama. Chuck Berry, Bo Diddley, Keith Richards, Pete Townshend, dan Malcolm Young adalah sebagian diantaranya.
Sebagian besar orang-orang ini dikenal sebagai master of sinkopasi dan bermain-main dengan beat. Metode yang mereka gunakan untuk mencapai permainan yang diinginkan seringkali hanya dengan melakukan pergesar kecil dalam soal nuansa. Cobalah memainkan lagu-lagu mereka maka kamu akan lekas paham mengenai musik di era sekarang.

b.      Bermain bersama gitaris terbaik

Jika kamu hanya bermain dengan gitaris kelas dua, maka keterampilan yang akan didapat pun sama dengan mereka. Tahukah kalian bahwa ada ungkapan yang berkata seperti ini ? “Tidak ada band besar tanpa gitaris besar”. Kamu harus bermain dengan gitaris kawakan agar dapat menyerap energi yang baik darinya.

Secara tidak sadar kamu akan menemukan pola permainan gitar yang baik dan tumbuh menjadi gitaris yang sesungguhnya. Jangan lupa juga untuk bermain bersama bassist karena dari mereka kamu dapat belajar mengenai tempo.

c.       Gunakan metronome

Banyak pemula tidak punya cukup bakat untuk menjadi gitaris yang terampil, dalam hal ini keberadaan metronome akan sangat membantu. Metronome dapat membimbingmu bermain dengan tempo yang konsisten bahkan dapat kamu gunakan untuk menulis lagu. Metronome juga bisa mengajarkanmu tentang evaluasi diri.

http://id.yamaha.com/id/products/proaudio/speakers/

Published on gitaris,

To be informed of the latest articles, subscribe:
Comment on this post